Rapture – Pengangkatan Orang Percaya

Semakin kita menjalani hari-hari ini, maka semakin kita mendekati akhir zaman dan semakin mendekati proses terjadinya :

Rapture


Rapture atau pengangkatan orang percaya akan terjadi pada waktu akhir zaman yaitu pada waktu ketika Tuhan Yesus datang dan turun kedua kalinya untuk memerintah bersama orang percaya di muka bumi dalam kerajaan 1000 tahun.

2RAJ 2:11 “Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai”

Elia mengalami pengangkatan secara jasmani utuh ke Sorga, dia adalah satu-satunya manusia yang diangkat ke Sorga secara utuh (hidup)

• Definisi Rapture

Rapture adalah suatu proses pengangkatan yang akan dialami orang percaya dan dibawa ke atas awan-awan untuk berkumpul selamanya bersama dengan Tuhan Yesus dan masuk ke dalam perjamuan Kawin Anak Domba Allah dengan mempelai wanita yaitu GerejaNya.

Kis 1:9-11 “.. terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutupNya dari pandangan mereka. Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka:”Hai orang orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit ? Yesus ini, yang terangkat ke Sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke Sorga. Itu adalah janji bahwa pada kedatanganNya yang kedua kali, Ia akan mengangkat kita dengan cara yang sama seperti pada-Nya dahulu”

Tes 4:15-17 “Ini kami katakan kepadamu : kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal. Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari Sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa…”

• Tubuh Kemuliaan

Rapture bersamaan dengan diubahkannya tubuh jasmani manusia menjadi ‘tubuh kemuliaan’. Seperti pada proses diubahnya tubuh Yesus menjadi tubuh kemuliaan maka demikian pula halnya dengan tubuh kita nantinya setelah mengalami rapture ini. (1Kor 15:51)

Apakah tubuh kemuliaan itu? Tubuh kemuliaan tampak mirip dengan tubuh jasmani kita saat ini, mempunyai daging dan tulang, tetapi tubuh kemuliaan dapat bergerak dan beraksi di dalam alam roh, kondisi tubuh ini agak mirip dengan kondisi tubuh malaikat yang tak terbatas oleh ruang dan waktu lagi
(Luk 24:39)

Hantu tidak mempunyai tulang dan daging, dan Yesus telah membuktikan bahwa Ia bukanlah hantu
(Luk 24:41-42)
.

Tubuh manusia biasa terbatas ruang dan waktu, dapat menua dan mati, serta tidak dapat bergerak seperti roh, tetapi tubuh Yesus setelah bangkit dari maut bisa bergerak dalam alam roh (Luk 24:36; Yoh 20:19; Luk 20:35-36)

Luk 20:36 “Sebab mereka tidak dapat mati lagi; mereka sama seperti malaikat2 dan mereka adalah anak2 Allah, karena mereka telah dibangkitkan.”

Itulah moment yang sangat dinantikan oleh setiap orang yang percaya kpd Tuhan Yesus Kristus, yaitu penggenapan janjiNya bahwa Ia akan datang lagi untuk kedua kalinya dan membangkitkan kita sambil mengubah tubuh kita dengan tubuh kemuliaan yang serupa dengan tubuhNya.

Rom 8:19 “Sebab dengan sangat rindu seluruh mahluk menantkan saat anak-anak Allah dinyatakan.”


• Berapa lama proses kebangkitan tubuh ?

Proses perubahan tubuh jasmani manusia biasa menjadi tubuh kemuliaan hanya memerlukan waktu sekejap mata saja.

1Kor 15:51-52 “.. tetapi kita semuanya akan diubah, dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir”

• Sesion Rapture

A. Pre Tribulation Rapture
Yang akan diangkat pada sesion pertama ini adalah mereka yang akan masuk ke pesta perjamuan kawin Anak Domba Allah, artinya mereka kelak yang akan menjadi mempelai untuk Kristus.

Wah 19:9 “Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba” katanya lagi kepadaku: “Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah…”

Sementara pesta pernikahan Anak Domba sedang berlangsung, hukuman Allah akan menimpa bumi dimana Iblis serta para malaikat-malaikatnya akan menguasai bumi dalam satu kurun masa yang dinamakan masa aniaya/tribulasi, atau juga dikenal dengan masa anti Kristus, yaitu masa dimana diberlakukannya tanda 666 di bumi. (Wah 13:16-18)

B. Post Tribulation Rapture
Mereka yang mati syahid atau menjadi martir dalam masa aniaya dan mereka yang percaya kepada Yesus dan mereka yang tidak menerima tanda 666 sewaktu akan dibangkitkan untuk ikut masuk ke dalam kerajaan 1000 tahun atau dikenal dengan nama Kerajaan Millenium. Lalu Ia (Tuhan Yesus) akan turun lagi kebumi dengan segala kemuliaanNya, dan bersama-sama dengan kita untuk menyelesaikan penghukuman atas dunia, dan untuk mulai memerintah di bumi dalam kurun masa kerajaan 1000 tahun.

Wah 20:4 “Aku juga melihat jiwa2 mereka, yang telah dipenggal kepalanya…..dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa 1000 tahun”

• Ketinggalan sesion pertama ?

Bagi orang percaya yang tidak diangkat pada sesion pertama akan masuk ke dalam masa aniaya dan mengalami siksa, serta kemungkinan besar mereka yang percaya kepada Yesus akan mati syahid atau menjadi martir ketika mereka membela nama Kristus dan ketika menolak menerima tanda 666.

Tetapi bagi manusia yang tidak menolak serta menerima tanda 666 tersebut akan mendapatkan tempat mereka berada di api kekal bersama iblis dan para malaikatnya.
(Mik 7:1-2; Yer 8:20; Pkh 12:1-5; Mat 24:37-40)
.

Kesempatan terakhir bagi orang yang percaya dan diselamatkan adalah masuk ke session rapture kedua dan artinya ia harus tetap dapat bertahan hidup walau menerima siksa aniaya bahkan kemungkinan besar akan mati dalam masa 666 tersebut,

• Kapan terjadinya ?

Inilah inti dari topik pembahasan tentang akhir zaman dan hal inilah yang selalu dan sering diselidiki, yaitu kapan semuanya ini akan terjadi ? (1Pet 1:10-12).
Banyak orang yang menganggap bahwa manusia tidak perlu tahu tentang hal ini dan kapan waktunya dikarenakan ada ayat berkata bahwa tentang saat dan waktunya, hanya Bapa sendiri yang tahu.

Tetapi bila kita lihat ayat yang berkata agar manusia selalu berjaga-jaga dan melihat tanda jaman, karena dengan adanya tanda jaman inilah merupakan tanda-tanda kedatangan dan tanda-tanda akan dimulainya masa pengangkatan, berarti kita harus bijak dan dapat melihat tanda-tanda yang menyertai jaman ini. (Mat 16:3)

Jika manusia tidak tahu tanda-tanda kedatanganNya, maka manusia akan melihat kedatanganNya ibarat seperti “pencuri di waktu malam”

Wah 3:3 “…turutilah itu dan bertobatlah ! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba2 datang kepadamu…”

Karena itu berjaga-jagalah senantiasa.

• Kesimpulan

Rapture atau pengangkatan adalah proses yang dinantikan oleh segenap orang percaya.
Kita berlomba-lomba agar memenuhi kualifikasi ‘standar’ Allah agar lolos seleksi dan berkenan menjadi mempelai Kristus kelak di pernikahan Anak Domba Allah.
Salah satu standar yang harus dipenuhi oleh orang percaya adalah PANGGILAN. Orang percaya harus mengetahui apa panggilan Tuhan untuk hidupnya, mungkin sebagai seorang gembala, pengajar, rasul, nabi, penginjil atau karunia-karunia lainnya.
Dan setelah mereka mengetahui penggilan mereka, mereka harus segera ‘berbuah’, melipatgandakan talenta tersebut agar dapat berkenan di hadapanNya.
Bekerja melayani Tuhan menurut talenta dan panggilan masing-masing.

sumber :
Artikel-Bible Study Rohani
Tuhan Memberkati


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s