3 Sahabat Yesus

3 Sahabat Yesus

3 sahabat yesus

sumber gambar : sarapanpagi.org

Pernah memiliki sahabat? Orang terdekat dalam hidup? Yang mengetahui suka dan duka kita? Seseorang yang lebih dari sekedar teman, yang tahu banyak hal tentang kita? Apakah kita dalam posisi memiliki sahabat atau yang dimiliki seseorang untuk dijadikan sahabatnya?

Tuhan Yesus pun memiliki sahabat dalam hidupNya, dalam kisah alkitab yang saya baca, khususnya dalam kitab injil; ada 3 tokoh yang selalu Tuhan Yesus bicarakan yaitu Petrus, Yakobus, dan Yohanes. Setidaknya ada lebih dari 3 kisah dalam kitab injil yang menceritakan bahwa Yesus selalu bersama dengan 3 tokoh ini.

Pertama, Markus 5.35- 42 ; dalam kisah ini Tuhan Yesus hanya mengijinkan Petrus, Yakobus, dan Yohanes  untuk masuk bersamaNya dalam rumah kepala rumah ibadat yang bernama Yairus. Dalam kisah ini, Tuhan membangkitkan anak Yairus yang berumur 12 tahun. Tuhan ingin menujukkan mujizatnya melalui apa yang Dia perbuat.

Kedua, Matius 17.1-5 ; dalam kisah ini Tuhan Yesus juga hanya mengajak Petrus, Yakobus, dan Yohanes untuk naik ke atas sebuah gunung yang tinggi, dan tidak mengajak yang lainnya. Dan ketika diatas gunung, Yesus berubah rupa didepan mereka, wajahNya bercahaya seperti matahari, dan pakaianNya menjadi putih bersinar seperti terang. Kisah ini menceritakan bahwa Tuhan mengijinkan 3 tokoh tersebut untuk dapat melihat kemuliaanNya.

Ketiga, Matius 26.36- 38 ; Tuhan Yesus hanya mengajak Petrus dan kedua anak Zebedeus yaitu Yohanes dan Yakobus untuk pergi ke taman Getsemani dan berdoa disana. Ketika Tuhan hendak berdoa,maka Ia mengajak orang terdekatnya, yaitu 3 tokoh ini, yaitu Petrus, Yohanes dan Yakobus.

Keempat, Markus 1.29- 31 ; bersama dengan Yohanes dan Yakobus pergi ke rumah Simon (sebutan dahulu untuk Petrus) untuk pergi menyembuhkan ibu mertua simon karena sakit demam. Kembali lagi, mereka selalu bersama menghadapi segala sesuatunya.

Kelima, Markus 3.13- 19 ; kisah pertama kali Tuhan Yesus memanggil kedua belas muridNya. Dalam ayat 16 menjelaskan bahwa yang ditulis pertama nama muridNya adalah simon, yang diberiNya nama Petrus, Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes saudara Zebedeus. Selanjutnya dituliskan nama murid- murid yang lainNya.

Menjadi orang- orang terdekatnya Tuhan Yesus tentulah sesuatu yang menyenangkan.

Mengapa Tuhan Yesus memilih Petrus, Yohanes, dan Yakobus untuk menjadi orang terdekatNya??

– Petrus (Matius 16.13- 20 ; tentang Pengakuan Petrus)
Karena Petrus tahu kepada siapa dia ikut, kepada siapa dia menyembah. Petrus tahu bahwa yang dia sembah adalah Mesias, anak Allah yang hidup (ayat 16).

Yohanes (Yohanes 13.23 ; seorang diantara murid Yesus, yaitu murid yang dikasihiNya, bersandar dekat denganNya, disebelah kananNya.) Dari antara kedua belas murid yang mengikut Yesus, Yohaneslah yang paling dikasihi oleh Yesus. Karena Yohanes adalah sosok yang paling penurut daripada murid yang lainnya.

Yakobus ( kitab yakobus, contoh Yak 1.2 ; anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh kedalam berbagai- bagai pencobaan, dll ) Dalam kitab Yakobus, banyak seruannya yang menunjukkan karakter seorang Yakobus,

Pertanyaannya sekarang adalah apakah kita siap untuk menjadi 3 sosok yang dekat dengan Tuhan Yesus? Menjadi seorang Petrus yang mengenal Yesus bukan hanya tahu Dia sebagai Juruselamat, tetapi juga tahu bahwa Dia adalah Mesias, Allah yang hidup!! Atau menjadi Yohanes, murid yang lekat denganNya dan menuruti apa maunya Tuhan Yesus dalam hidup. Atau siapkah kita untuk menjadi Yakobus? Sosok Yakobus yang memiliki karakter luar biasa dalam mengikuti Yesus?!!

Semua pilihan berada dalam diri kita, apakah kita mau dan siap dibentuk untuk menjadi orang terdekatnya Tuhan Yesus??

Semangat! Tuhan Yesus dahsyat😉

*thanks to Vitha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s