Berpikir Positif

“Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.”
Filipi 4:8

Positive thinking - bryxp.wordpress.com

akuinginsukses.com

Berpikir positif adalah cara berpikir yang selalu optimis dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi sesuatu. Sikap mental serta emosi yang baik tentunya terbentuk oleh cara berpikir seperti ini.
Pikiran positif tentunya bersifat membangun dan memotivasi apabila dibandingkan dengan cara berpikir yang negatif (pesimis & skeptis).

Berpikir positif ini sangat erat kaitannya dengan keyakinan.
Keyakinan yang teguh di dalam Tuhan akan membentuk sikap pemikiran kita menjadi positif karena kita percaya dan yakin bahwa pasti Tuhan selalu berada bersama dengan kita.

Berpikir positif tentunya berarti menjauhkan segala bentuk kekuatiran dalam kehidupannya.

Mat 6:27  Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?
Mat 6:25  “Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?

Kekuatiran memang pernah terjadi pada semua orang, tapi tahukah kita bahwa kekuatiran itu adalah pilihan, sebab Tuhan menginginkan kita optimis, yakin, serta percaya kepadaNya.

Sekali lagi bahwa “kekuatiran itu pilihan, tapi berpikir positif (optimis, yakin, percaya, dan mengimani) itu Keharusan!”
Dari bacaan di Filipi 4:8 dapat kita ambil beberapa bagian dari Berpikir Positif.

Kita patutnya hanya memikirkan hal-hal positif, yaitu memikirkan hal-hal yang dikehendaki Tuhan, yaitu :

  • Benar
    Kita memikirkan hal-hal tentang kebenaran firman Allah.
    Mzm 1:2  tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.
    Berbahagialah orang-orang yang benar di dalam Tuhan.
  • Mulia
    Memikirkan hal-hal mengenai perkara surgawi, maksudnya pemikiran yang berlandaskan pada motivasi untuk berbuat segala sesuatu hanya untuk kemuliaan dan keagungan nama Tuhan.
    Jadi berhubungan dengan segala sesuatu yang menjadi sarana untuk kemuliaan Tuhan. Contohnya seperti berpikir tentang bagaimana menjadi saksiNya, dan lain sebagainya.
  • Adil
    Memikirkan hal-hal yang tidak curang serta ingin menang sendiri. Pemikiran ini sendiri membangun sikap toleran dengan orang lain.
  • Suci
    Memikirkan hal-hal baik yang bersih, tidak ternoda, dan tidak najis. Memikirkan hal-hal yang suci artinya kita harus memiliki pikiran serta motivasi yang murni dalam melakukan sesuatu.
  • Manis
    Artinya memikirkan hal-hal yang indah serta menyenangkan bagi sesama, maksudnya seperti berpikir untuk bagaimana bisa membuat bahagia orang lain lewat sikap, tindakan, dan perilaku kita.
  • Sedap didengar
    Memikirkan hal-hal yang membuat damai sejahtera bagi orang, jadi kita memikirkan tentang perkara-perkara yang tidak menjadi batu sandungan bagi orang lain. Orang yang berpikir seperti ini adalah orang yang selalu berusaha mengeluarkan kata-kata yang positif serta memberkati orang lain.
  • Kebajikan
    Memikirkan hal-hal yang berhubungan dengan kebaikan dan kemurahan hati. Pemikiran ini merupakan pemikiran yang selalu mempedulikan orang lain. Pikiran positif ini membangun seseorang menjadi pribadi yang peduli dengan orang lain.
  • Patut dipuji
    Memikirkan hal-hal yang menyangkut kepentingan bersama. Jadi, pemikiran seperti ini membentuk orang menjadi tidak egois dengan kepentingan sendiri.

Kita sudah melihat beberapa bagian diatas, bahwa kepribadian serta perilaku positif dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan dibangun dari cara berpikir yang positif.

Menjadi Pribadi yang senantiasa Berpikir Positif tentunya akan membuat kita semakin arif dan bijaksana dalam menghadapi kehidupan ini.

Tetaplah memiliki keyakinan teguh dan kepercayaan serta iman yang kuat di dalam Tuhan Yesus Kristus, karena hal itulah yang akan membuat kita bisa selalu bersamaNya.
Puji Tuhan, Haleluya.

*Jangan lupa follow @Bry_zers di twitter untuk terus update dengan blog ini.
Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s