Berdampak di Media Sosial

Puji Tuhan.

Apa kabar sobat CY semua?

Kali ini saya ingin berbagi soal Berdampak di Media Sosial.

Tentunya memiliki akun di media sosial seperti facebook dan twitter bukan hal yang baru lagi bagi kita semua.

Tetapi kita dapat melihat akhir-akhir ini di media sosial (khususnya fb & twitter) seakan menjadi sarana ‘sharing’ hal-hal yang sebenarnya kurang layak di publish ke khalayak umum.

Masalah keluarga, pekerjaan, hubungan antar pasangan, beban hidup bahkan rahasia-rahasia pribadi tidak jarang kita temukan di status-status yang ada baik fb maupun twitter.

gambar: konsultanseojakarta

Sebenarnya bagi saya, media sosial itu merupakan sarana kita berinteraksi dengan orang lain dan tentunya kita dalam mengelolanya mesti dilandasi dengan tanggung jawab yang besar. Saya sering melihat kasus perkelahian, percekcokan, serta dan permusuhan terjadi hanya karena salah paham ataupun ‘status’ dari pengguna.

Sepertinya pepatah “mulutmu harimaumu” bisa kita gunakan apabila membahas kehidupan interaksi sosial di facebook atau twitter.

Batas antara wilayah, ras, gender, pandangan, budaya bahkan usia cenderung tak berpengaruh apabila sudah berada di jaringan media sosial, dimana pengguna secara global dapat berinteraksi satu sama lain.

Tadi siang saya mencoba untuk lebih intens membagikan berkat bagi teman-teman lewat status di twitter mengenai #PribadiBerdampak atau #ImpactPerson di akun twitter saya @Bry_zers sambil sesekali meretweet post dari orang lain yang menurut saya bisa memberkati orang lain juga.

Sambil meretweet, saya tidak lupa juga tweet-tweet dari @JoyceMeyer sebagai salah satu hamba Tuhan yang sering saya teladani.

gambar: litw.net

*yang belum tahu siapa Joyce Meyer bisa membaca di:

http://www.jawaban.com/index.php/spiritual/detail/id/63/news/070727125533/limit/0/Joyce-Meyer

http://en.wikipedia.org/wiki/Joyce_Meyer

Cukup terkejut ketika saya melihat di profilnya seperti ini:

FireShot Screen Capture #088 - 'Joyce Meyer (JoyceMeyer) on Twitter' - twitter_com_JoyceMeyer

ket: ada tulisan bahwa @JoyceMeyer following you

Karena saya berpikir mungkin salah jadi saya coba periksa di deretan followers saya dan ternyata.

My Follower

Akun @JoyceMeyer dengan status verified-nya ternyata menjadi salah satu follower saya.

Sebenarnya hal ini bukan untuk pamer, karena ada beberapa teman saya juga yang di-follow oleh ibu Joyce Meyer. Tetapi hak ini memberi pelajaran bahwa untuk kita yang memiliki akun media sosial tentunya harus punya rasa tanggung jawab terhadap orang lain lewat status ataupun kegiatan kita di media sosial.

Dengan latar belakang yang berbeda tentunya akan bisa menimbulkan tingkat interpretasi yang berbeda juga bagi setiap orang.

Bagi saya pribadi, media sosial itu layaknya kehidupan kita sehari-hari. Tentunya kita harus berusaha untuk dapat menjadi dampak dan menjadi berkat bagi sekitar.

Begitu pula dengan media sosial, orang tentunya akan menilai ‘buah’ kita dari status, komentar, atau apapun kegiatan kita selama di dunia maya.

Banyak anak-anak Tuhan yang kurang menyadari ‘pengaruh’ besar dari akun media sosial mereka, sehingga dengan leluasa mereka mengekspresikan diri sebebas-bebasnya, bahkan memaki dapat kita temukan di akun mereka. Bukan cuma itu, keluhan maupun kata-kata hambar dan tidak memberkati orang malah lebih mudah untuk didapatkan dari aktivitas online mereka.

Mereka tidak sadar, padahal sebenarnya ada berapa banyak orang yang ingin meneladani mereka karena ‘status offfline‘nya sebagai anak Tuhan.

so, mari kita mulai menjaga sikap kita. Tunjukkan teladan dan biarkan mereka boleh melihat “Kristus yang ada dalam engkau“‘

“namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.  Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku  dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.”

Galatia 2:20

Leave a Reply

