JANGAN LEWATKAN KESEMPATAN

Lukas 10:30-37

“Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?”

(Luk. 10:36)

“Aduh, saya sungguh menyesal! Kemarin, di jalan ada orang yang mengalami kecelakaan dan tidak ada yang menolong. Saya ragu-ragu untuk menolong dan akhirnya saya putuskan untuk tidak menolong. Saya dengar bahwa orang itu akhirnya meninggal karena terlambat mendapat pertolongan.” Demikian ungkapan penyesalan seorang bapak. Pernahkah Anda mengalami hal yang demikian?

Perumpamaan Orang Samaria adalah cerita Alkitab yang sangat terkenal. Cerita Tuhan Yesus ini memperlihatkan perbedaan tajam antara orang yang mengaku beragama dan orang Samaria yang sering dianggap kafir. Orang yang mengaku beragama justru mengabaikan kesempatan untuk melakukan kebaikan, sedangkan orang yang dianggap kafir malah menggunakan kesempatan itu untuk menolong orang yang mengalami musibah.

Setiap hari dalam hidup kita selalu ada banyak kesempatan untuk menghadirkan kebaikan. Banyak kesempatan bagi kita untuk menghadirkan karya kebaikan. Pertanyaannya, sudahkah kita menyambut setiap kesempatan itu, atau kita mengabaikan satu kesempatan dan diikuti dengan mengabaikan kesempatan-kesempatan lainnya. Melalui perenungan ini kita diingatkan bahwa kesempatan itu tidak selalu ada. Jangan biarkan kita menjadi orang yang menyesal karena telah kehilangan begitu banyak kesempatan dalam hidup kita. Suatu saat Tuhan akan bertanya, “Berapa banyak Anda telah mengisi kesempatan untuk berbuat kebaikan itu?”

DOA:

Tuhan, tolonglah kami agar kami menghargai setiap kesempatan untuk berbuat kebaikan. Amin.

sumber: http://www.imcmedia.org/blog/jangan-lewatkan-kesempatan/
gambar: kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s