Menjadi Orang yang Dapat Dipercaya

Yakobus 5:12

“Tetapi yang terutama, saudara-saudara, janganlah kamu bersumpah demi sorga maupun demi bumi atau demi sesuatu yang lain. Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak, supaya kamu jangan kena hukuman.”

menjadi orang yang dapat dipercaya

gambar: pareinstitute.com

Menjadi orang yang dapat dipercaya pada prinsipnya merupakan orang yang dianggap bertanggung jawab serta dirasa mampu untuk mengerjakan sesuatu. Orang yang dapat dipercaya adalah orang yang bisa diandalkan untuk dapat melakukan suatu pekerjaan.

Kunci bagi seseorang untuk dapat dipercaya yaitu lewat INTEGRITAS yang dia miliki. Apa yang menjadi perkataan dari orang itu maka itulah juga yang dilaksanakannya.

Secara kasat mata dapat kita lihat integritas seseorang yang ditunjukkannya lewat PERKATAANNYA.

Lihatlah ayat diatas yang ditulis tebal serta sudah  digarisbawahi.

Seseorang akan dilihat dari perkataannya terlebih dahulu, apakah dia merupakan seorang yang dapat dipercaya, kurang dapat dipercaya, atau bahkan tidak dipercaya sama sekali.

“Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak, supaya kamu jangan kena hukuman.”

Pelajaran yang harus kita petik adalah bahwa kita harus menjadi orang yang berintegritas dalam bertutur kata, bersikap, dan bahkan tingkah laku yang kita perbuat selama ini.

Jangan biarkan kepercayaan yang sudah ada pada kita harus “lenyap”  begitu saja karena kesalahan kita, baik secara sadar kita lakukan maupun yang tidak sempat dilakukan.

Hendaklah kita sebagai anak-anak Tuhan mampu untuk menempatkan diri, dan bahkan mengerjakan segala sesuatu dengan kejujuran.

Menjadi orang yang dapat dipercaya itu mudah, tetapi pertanyaannya adalah semudah apa proses bagi seseorang untuk dapat dikatakan “dapat dipercaya”?

Mempertahankan integritas, jujur, dan bertanggung jawab adalah langkah untuk memelihara serta menjaga kepercayaan yang telah diberikan orang lain buat kita.

Mari kita belajar untuk dapat dipercaya oleh orang lain, terlebih lagi Tuhan.

Haleluya…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s